nusakini.com--Manajer Pep Guardiola sukses mempersembahkan kemenangan pada partai perdananya bersama Manchester City pada ajang Premier League 2016-2017. Pep membawa City menang tipis 2-1 melawan Sunderland di Etihad Stadium, Sabtu (13/8). 

Manchester City mencetak gol pertamanya saat pertandingan menginjak menit ke-5 melalui penalti Sergio Aguero. Namun, Sunderland menyamakan kedudukan lewat aksi Jermaine Defoe pada menit ke-71. Gol kemenangan City hadir melalui bunuh diri Paddy McNair (87')

Pada pertandingan debut bersama Manchester City, Pep Guardiola menurunkan formasi 4-3-3. Pep mengandalkan trio Sergio Aguero, Raheem Sterling, dan Nolito di lini serang. 

Manchester City bermain dengan tempo cepat dan mengandalkan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki sejak awal pertandingan. Kecepatan Sterling dan Nolito, yang kerap melebar ke sisi sayap, menjadi andalan City dalam membongkar pertahanan Sunderland.

Manchester City mendapatkan penalti pada menit kelima setelah Sterling dijatuhkan Patrick van Aanholt di kotak terlarang. Sergio Aguero yang tampil sebagai algojo mampu membawa City unggul 1-0. 

Peluang terbaik Sunderland pada babak pertama tercipta pada menit ke-41. Jermaine Defoe melepaskan sontekan kaki kanan dari jarak dekat setelah menerima umpan tandukan Kone. Namun, bola sepakannya mampu ditinju kiper Wilfredo Caballero. Keunggulan 1-0 City bertahan hingga babak pertama usai.

The Black Cats akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Menerima umpan terobosan Jack Rodwell, Jermaine Defoe berhasil lolos dari jebakan offside dan melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang. Skor sama kuat 1-1.

Manchester City kembali unggul pada menit ke-87. Sterling mengirim umpan silang dari sisi kiri pertahanan Sunderland, Paddy McNair yang bermaksud menghalau bola justru tanpa sengaja memasukkannya ke dalam gawang sendiri. Skor 2-1 untuk kemenangan City bertahan hingga laga usai. (b/ab)